CLICK HERE FOR FREE BLOG LAYOUTS, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 08 November 2012

Cerita Pendek (Tasamuh)


Cerita Pendek (Tasamuh)


Hormatilah Perbedaan Masing-masing
karya : Shaumi

Allah Swt. menciptakan manusia dengan bermacam-macam bentuk, agama, suku, bahasa, dan lain sebagainya. Tapi perbedaan itu lah yang membuat kita berbeda dari yang lain dan terbentuklah sikap saling menghargai.

Arman adalah seorang ketua kelas di kelasnya. Ia memiliki teman dari bermacam-macam suku dan agama. Ia tak pernah membeda-bedakan dan memilih-milih teman. Menurutnya semua manusia itu sama, meski dia nonmuslim sekaligus.

Suatu hari Arman melihat kabar buruk dari berita yang di tayangkan di televisi. Berita tersebut tentang Orang yang menjelek-jelekkan agama lain.

Saat melihat berita tersebut, Arman pun menangis dan bergumam di dalam hati. “Ya Allah, kenapa mereka menjelek-jelekkan agama lain? Bukankah hal itu tidak boleh? Apakah mereka tidak pernah belajar Agama, atau mereka memang sengaja seperti itu? Ya Allah, sadarkan lah mereka yang telah menjelek-jelekkan agama lain, dan berilah kesabaran untuk penganut agama yang dijelek-jelekkan tersebut Ya Allah. Amin..”

Seharusnya kita sebagai umat ciptaan Allah Swt., kita harus memiliki sikap toleransi. Kita tidak boleh menjelek-jelekkan agama lain, menindas penganut agama lain, atau pun mengadu domba agama lain. Karena masing-masing agama sudah memeliki kepercayaannya masing-masing. Jadi, janganlah menjelek-jelekkan agama mereka. 

Jalankan lah tugasmu sesuai agama yang kamu anut. Jauhilah larangan dari agamamu, dan kerjakanlah hal-hal yang baik dari agamamu. Beribadahlah sesuai kepercayaanmu masing-masing.

Firman Allah Swt..:
“Katakanlah (Muhammad), ‘Wahai orang-orang kafir! Aku tidak akan menyembah apa yang kamu sembah, dan kamu bukan penyembah apa yang aku sembah, dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembahm dan kamu tidak pernah (pula) menjadi penyembah apa yang aku sembah. Untukmu agamu, dan untukku agamaku’.” (Q.S. Al-Kafirun [109]: 1-6)



semoga bisa mengambil hikmahnya.
terimakasih.

*sepertinya ini bukan cerpen ya kalau dilihat-lihat ._. hahaha

2 komentar:

Poskan Komentar