Apa saja yang kami pelajari selama semester ini dalam mata kuliah Literasi TIK?

by - 23.21


Hello readers, apa kabar? Udah lama banget ya blog ini gak pernah ngepost. Nah, kali ini aku gabakal ngeshare tentang cerita tapi aku bakalan ngeshare tentang salah satu tugas kuliahku, yaitu ‘’Literasi TIK‘’. Ini tugas kelompok sih, jadi tugasnya itu kita disuruh ngeshare apa yang kita dapet selama belajar mata kuliah itu. So... langsung aja ya …
Literasi TIK adalah kemampuan untuk menggunakan teknologi digital, alat komunikasi dan atau jaringan dalam Mendefinisikan (Define), Mengakses (Access), Mengelola (Manage), mengintergrasikan (Integrate), Mengevaluasi (Evaluate), Menciptakan (Create) dan Mengkomunikasikan (communicate) Informasi secara baik dan legal  dalam rangka membangun masyarakat berpengetahuan. Literasi TIK dibagi menjadi dua bidang, yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi contohnya seperti radio, televisi, handphone, software, satellite , komputer. Teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. . Jadi, Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yang segala kegiatannya terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media, antar berbagai bidang profesi dan berbagainya.
Dalam mata kuliah ini kami mempelajari bagaimana cara menggunakan teknologi TIK, kemudian bagaimana kompetensi TIK dibutuhkan dalam pekerjaan masa kini dan apa kegunaan kompetensi TIK dalam kegiatan sehari-hari. Menurut kami, kompetensi dasar  TIK yang biasanya digunakan dalam pekerjaan masa kini adalah Ms.Word, Ms.Exel,Ms.Power point. Ada juga dalam bidang desain, yaitu Photoshop, Corel draw dan Adobe ilustration. Menurut kami, kegunaan kompetensi TIK dalam kegiatan sehari-hari sangat diperlukan karna akan mempermudah pekerjaan kita seperti dalam mengumpulkan dan  menyusun suatu data dan bisa menyebarkan berbagai informasi secara luas dan mudah.
Kegunaan literasi TIK dalam industri kreatif atau seni terutama dalam jurusan kami, yaitu dalam bidang fashion design, sangat dibutuhkan dan sangat membantu dalam mengaplikasikan suatu desain atau karya kami ke berbagai media atau menyebarluaskan karya.
Pengaruh teknologi terhadap industri fashion memberikan adiksi tersendiri sebagai kesempatan untuk mendapatkan banyak saluran mengenai ragam busana dan gaya hidup modern. Artinya para pengguna internet mendapatkan kesempatan akses virtual untuk mengetahui update, acara, ataupun tren-tren terbaru menggunakan peralatan digital secara langsung.
Banyak hal yang harus diperhatikan dalam memposting di sosial media, salah satunya adalah harus mengindari yang berbau hinaan, SARA, dan hal negatif lainnya, agar kita tidak terlibat dalam permasalahan hukum dan lainnya. Jadi, literasi TIK sangat berperan penting dalam kehidupan kita.


Sumber :


Disusun oleh, kelompok :
- Afriani (1605160030)
- Ajeng Kartika Rianti (1605164042)
- Fadhila Khairun Nisa (1605160021)
- Hanifah Nur Rasyid (1605164057)
- Ratu Kartika Nur'rianti (1605164045)
- Safira Dawitry Ramadhani (1605164069)
- Shaumi Laila Astie Perdani (1605164039) 

You May Also Like

0 komentar